ibu hamil
ibu hamil

Setiap pasangan yang berumah tangga, sangat mendambakan hadirnya momongan. Memiliki keturunan yang sehat dan cerdas menjadi harapan. Mempersiapkan semua yang dibutuhkan bayi sejak dalam kandungan dengan memperhatikan asupan gizi yang cukup untuk bunda, kondisi yang aman dan nyaman  selama menjalani kehamilannya.

Kehamilan yang ditunggu setiap pasangan yang menikah, kadang tidak berjalan sesuai harapan. Masalah bisa muncul saat awal kehamilan. Mulai hal yang ringan sampai yang mengancam janin dan Bunda. Berikut masalah kehamilan yang sering dialami ibu hamil di awal kehamilan.

1. Mual Muntah

Pada awal kehamilan terjadi peningkatan hormon Beta HCG, yang dibentuk oleh plasenta bayi. Peningkatan hormon ini juga mempengaruhi saluran cerna, sehingga bunda bisa merasakan rasa tidak nyaman di sekitar perut. 

Mual muntah yang berlebihan bisa mengganggu asupan gizi dan cairan ibu hamil. Cobalah atasi dengan makan dan minum dalam porsi kecil, jika keluhan berlanjut hubungi tenaga kesehatan setempat.

2. Keputihan yang Gatal

Keluar lendir keputihan melalui vagina dengan bau, dan rasa gatal yang berlebihan menandakan adanya infeksi. Hal ini bisa mempengaruhi kandungan. Bunda yang mengalami gejala seperti ini segera hubungi tenaga kesehatan.

3. Flek/ Perdarahan 

Ini merupakan masalah serius yang harus diwaspadai Bunda. Sebanyak apapun perdarahan yang dialami jangan dianggap enteng. Segeralah berkonsultasi pada tenaga kesehatan, seperti Bidan Sela

Jika tidak terlalu berbahaya, sebaiknya Bunda menjalani tirah baring sampai perdarahan mereda. Hindari mengangkat beban berat yang akan menambah tekanan di daerah perut.

4. Infeksi Saluran Kemih

Pada awal kehamilan rahim mulai membesar. Letaknya yang tepat berada di belakang kandungan kemih, membuat kandungan kemih tertekan. Sehingga buang air kecil kurang lancar. Dapat meningkatkan pertumbuhan kuman, sehingga terjadi infeksi. 

Jika infeksi terjadi bunda harus berkonsultasi dengan dokter, agar mendapat obat yang tepat. Banyak minum air putih dan tidak menahan saat ingin buang air kecil, dapat mengurangi risiko infeksi.

Waspada terhadap gejala yang ada jangan sampai menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan. Nikmati kehamilanmu Bunda, saat dimana Dia sangat dekat.