sumber : pinterest.com

Trend sepeda listrik nampaknya tengah digandrungi oleh beberapa kalangan. Tak ayal, ada beberapa tempat yang menjadi pusat sepeda listrik terlengkap. Berbagai macam model dan merk pun bisa kamu dapatkan, tentunya dengan harga yang sangat bervariatif.

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali membeli sepeda listrik, tentu kamu tidak boleh salah dalam memilihnya. Terdapat berbagai macam jenis sepeda listrik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Sepeda listrik memang dirasa memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda konvensional pada umumnya.

Akan tetapi, untuk membeli sebuah sepeda listrik bukan hanya dana saja yang harus kamu persiapkan. Ada beberapa hal lainnya yang juga harus kamu persiapkan dan perhatikan dengan baik. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

  1. Pilih Model Sepeda Listrik

sumber : pinterest.com

Beberapa pusat sepeda listrik terlengkap menjual berbagai macam model sepeda yang bisa kamu gunakan. Tentu saja, berbagai macam model sepeda listrik tersebut sesuai dengan tujuan digunakannya.

Jadi, sebelum kamu membeli sebuah sepeda listrik, pastikan bahwa kamu sudah menentukan terlebih dahulu untuk apa sepeda itu digunakan. Misalnya, kamu akan membeli sepeda listrik untuk bepergian di sekitar kota, pergi ke sekolah atau untuk berolahraga.

2. Pilih Sepeda dengan Bobot yang Ringan

sumber : pinterest.com

Setelah kamu menentukan jenis sepeda apa yang akan dibeli, langkah selanjutnya ialah dengan memilih sepeda dengan bobot yang ringan. Sepeda listrik cukup berbeda dengan beberapa jenis sepeda yang lainnya.

Ya, bobot dari sepeda listrik lebih berat jika dibandingkan dengan sepeda pada umumnya. Bobot paling ringan dari sepeda listrik berkisar antara 20 kilogram. Jika sepeda listrik tersebut bisa berjalan sejauh 20 kilometer dan ditumpangi oleh orang yang berbadan besar, maka kualitas dari sepeda tersebut cukup bagus.

Akan tetapi, kecepatan tersebut tentu saja terlalu lambat. Selain itu, berat yang ditanggung oleh sepeda listrik justru akan membuatnya menjadi lebih boros energi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih sepeda listrik dengan berat yang ringan.

3. Pilihlah Sepeda Listrik yang Bermerk dan Terpercaya

sumber : pinterest.com

Tak bisa dipungkiri jika sepeda listrik yang bermerk memiliki kualitas lebih jika dibandingkan dengan sepeda listrik dengan merk yang biasa saja. Tak hanya itu, bahkan sepeda listrik yang bermerk juga dilengkapi dengan berbagai macam komponen yang mumpuni.

Jadi, kamu tak perlu khawatir soal kualitas dari sepeda tersebut. Namun biasanya, sepeda yang bermerk dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda listrik biasa.

4. Pilihlah Sepeda Listrik dengan Harga yang Masuk Akal

sumber : pinterest.com

Meski kamu melihat berbagai macam merk sepeda listrik di pusat sepeda listrik terlengkap, namun kamu juga harus melihat kualitas serta harga yang ditawarkan. Harga dari sepeda listrik memang sangat bervariatif.

Akan tetapi, jangan sampai kamu tergiur dengan harga sepeda listrik yang murah. Biasanya, sepeda tersebut tidak memiliki komponen yang lengkap serta cepat rusak. Oleh karena itu, lihat kualitas sepeda listrik yang akan kamu beli. Bandingkan dengan harga yang ditawarkan. Harga yang masuk akal tentu menjadi bukti bahwa sepeda tersebut berkualitas.

5. Perhitungkan Rentang Perjalanan

sumber : pinterest.com

Selain beberapa hal di atas, poin yang satu ini juga menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan dengan baik. Kamu harus memperhatikan seberapa jauh perjalanan yang bisa kamu tempuh dengan sepeda listrik tersebut.

Seberapa jauh sepeda listrik dalam menempuh jarak, semua itu bergantung pada kapasitas baterai, kecepatan hingga berat badan kamu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih sepeda listrik yang bisa disesuaikan dengan jarak yang akan kamu tempuh.

Nah, tips yang harus kamu perhatikan adalah pilih sepeda listrik yang memiliki rentang perjalanan lebih tinggi. Mengapa demikian? Karena seiring berjalannya waktu, kapasitas baterai yang dimiliki oleh sepeda listrik perlahan akan menurun dan mempengaruhi daya tempuh.

  1. After Sales Service

Tak hanya beberapa hal saja yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sebuah sepeda listrik yang tepat. Namun, kamu juga harus memperhatikan After Sales Service yang diberikan. Perhatikan dengan baik layanan apa saja yang bisa kamu dapatkan setelah membeli sepeda listrik tersebut.

Beberapa pelayanan yang bisa kamu dapatkan setelah pembelian adalah garansi hingga jaringan pelayanan perbaikan yang tersebar di beberapa area.

Membeli sebuah sepeda listrik memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terlebih, sepeda listrik ini berbeda dengan jenis sepeda pada umumnya. Dimana, jarak tempuh yang bisa dicapai oleh sepeda tersebut bergantung pada beban sepeda serta kapasitas baterai yang digunakan.

Tak hanya itu, sepeda ini juga diisi ulang dengan menggunakan energi listrik. Akan tetapi, sepeda listrik dirasa lebih efisien jika dibandingkan dengan beberapa sepeda pada umumnya. Jadi, bagi kamu yang ingin membeli sepeda listrik di pusat sepeda listrik terlengkap, jangan lupa untuk memilih produk terbaik dan berkualitas.