belajar membaca

Membaca merupakan hobi yang sangat bermanfaat. Selain dapat menambah pengetahuan dan wawasan, membaca juga dapat mengasah imajinasi dan melatih empati. Oleh karena itu, biasakan anak untuk membaca sejak kecil agar mereka suka membaca hingga dewasa. Cara agar anak mau belajar membaca adalah dengan menjadikannya kegiatan yang menyenangkan.

Sebagai orang tua, Bunda harus memahami bahwa setiap anak memiliki kemampuan menyerap suatu pembelajaran yang berbeda-beda. Salah satu cara agar anak mau membaca adalah dengan menjadikan kegiatan belajar membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tanpa paksaan. Hal ini dapat membuat anak jadi lebih mudah dalam belajar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar anak mau belajar untuk membaca.

belajar membaca
Belajar membaca
  • Ajak anak membaca buku

Salah satu cara untuk mengajari anak membaca adalah dengan mengajaknya membaca buku bersama. Jadikan membaca bersama anak sebagai kegiatan rutin. Bacakan beberapa buku setiap hari. Bunda bisa membacakan buku setiap malam sebelum tidur serta di waktu-waktu luang. Buat suasana yang nyaman agar kegiatan membaca tidak terasa seperti sedang”belajar”. Dengan begitu anak akan akrab dengan buku dan senang membaca.

  • Ajukan pertanyaan kepada anak

Membaca tidak hanya tentang melafalkan ejaan saja, tetapi juga mengenai seberapa jauh pemahaman anak tentang isi buku yang dibacanya. Mengajukan pertanyaan pada anak tentang bacaan yang ia baca merupakan salah satu cara yang efektif. Anak bisa memperkuat pemahaman mereka dengan pertanyaan yang diajukan.  

  • Hubungkan kata dengan benda sekitar

Anak akan belajar dengan memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Cobalah untuk menghubungkan kata dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Cara ini efektif untuk mengajarkan anak membaca. Untuk anak di bawah umur 6 tahun, mereka belum pandai menghafal. Sehingga dengan mengenali benda-benda sekitar akan lebih membuat mereka lebih cepat memahami suatu kata. 

  • Biasakan anak membaca kata apa saja yang ia temui

Agar anak cepat mengenal tulisan, biasakan anak untuk membaca kata apa saja yang ia temui. Seperti saat menonton televisi, pergi ke mal, atau sekedar jalan-jalan di sekitar rumah. Biasakan anak untuk membaca tulisan yang ia temui seperti spanduk, poster, brosur, dan sebagainya.

  • Pahami komponen membaca

Untuk mengajari anak membaca, Bunda perlu memahami beberapa komponen penting dalam keterampilan membaca. Pertama, kesadaran fonemik yaitu kemampuan untuk mendengar dan memanipulasi suara yang berbeda dalam kata-kata. Kedua, memahami arti, definisi, dan konteks kata. Lalu dari kata-kata yang sudah dipahami, Bunda bisa mengajarkan anak untuk memahami cerita dari bacaan yang dibaca. 

  • Buat membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan

Anak-anak hanya bisa fokus dalam waktu yang singkat. Agar anak mau belajar untuk membaca, Anda harus mengubah kegiatan belajar ini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Biarkan anak memilih sendiri buku yang ingin dibaca agar anak semangat membaca. Bunda juga bisa mengajari anak membaca melalui tulisan yang ada di bungkus makanan favorit mereka. 

Bunda, mengajari anak membaca akan sulit jika dipaksakan. Selain itu, kemampuan penyerapan tiap anak berbeda-beda sehingga harus lebih sabar dan telaten dalam mengajari anak membaca. Jadikan belajar membaca sebagai kegiatan rutin yang menyenangkan agar anak terbiasa membaca dari kecil.