S26
S26

Belajar progresif merupakan salah satu bentuk pembelajaran dimana anak memiliki peran utama dalam proses belajarnya. Anak-anak di generasi Alpha dengan perkembangan teknologi yang maju ini membutuhkan sistem pembelajaran yang progresif. Mam bisa mencoba menerapkan cara belajar progresif sehingga si Kecil bisa tumbuh dengan kreatif dan mampu mengembangkan diri dengan lebih leluasa.

Keunggulan Cara Belajar Progresif

S26
S26

Berikut ini adalah keunggulan dari penerapan cara belajar progresif yang harus Mam ketahui:

1. Anak Bisa Lebih Aktif

Cara belajar progresif ini mengutamakan keaktifan si Kecil dalam proses belajar jadi mereka akan terlatih untuk memecahkan masalah secara mandiri. Dengan begitu, si Kecil bisa lebih aktif menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

2. Kreativitas Lebih Terasah

Metode belajar progresif memiliki prinsip learning by doing sehingga si Kecil akan terjun secara langsung dalam aktivitas pembelajaran. Hal tersebut kemudian bisa membuat kreativitas si Kecil meningkat dan semakin terasah.

3. Metode Belajar yang Lebih Menarik

Metode pembelajaran ini mengutamakan praktek langsung sehingga terasa jauh lebih menarik. Apalagi anak di usia dini memiliki kebosanan yang tinggi sehingga praktek yang dilakukan akan jauh lebih efektif. Dengan metode pembelajaran yang menarik si Kecil juga bisa lebih mudah menangkap apa yang diajarkan.

Cara Menerapkan Metode Belajar Progresif

Setelah mengetahui keunggulan dari metode belajar progresif, kini saatnya Mam mengetahui bagaimana cara menerapkan pada si Kecil. Berikut ini adalah cara menerapkan metode belajar progresif yang bisa coba Mam tiru:

1. Kenali gaya belajar si Kecil kemudian coba sampaikan dengan cara yang menarik agar mereka betah belajar dan selalu ingin tahu apa yang Mam ajarkan.

2. Coba lakukan variasi terhadap aktivitas pembelajaran yang Mam berikan. Bukan hanya dengan kertas dan pensil saja namun coba secara multi sensori. Contohnya memasak, membuat science project, olahraga, dan lain sebagainya.

3. Mulai belajar dari yang disukai si Kecil, misalnya mengenalkan huruf melalui permainan yang mereka sukai.

4. Jadi role model bagi si Kecil merupakan salah satu bentuk dari proses belajar progresif. Jadi ajarkan hidup disiplin agar si Kecil mengikutinya.

5. Mam perlu mengamati kemampuan si Kecil kemudian secara perlahan berikan tantangan yang semakin meningkat sesuai perkembangannya.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S26 GOLD, yaitu Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Procal GOLD dan Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat