parenting Indonesia
parenting Indonesia

Untuk kamu yang saat ini telah menjadi orang tua tentu saja ingin anak kamu tumbuh dengan sehat serta memiliki karakter yang baik. Pembentukan karakter baik anak ini tergantung pada pola asuh yang diterapkan para orang tua ketika mendidiknya.

Di bawah ini ada beberapa ilmu parenting Indonesia yang bisa kamu lakukan dan kemudian kamu terapkan ketika mendidik anak. Dengan begitu anak akan menjadi seorang dengan karakter yang baik di kemudian harinya.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan berdasarkan ilmu parenting Indonesia yang bisa kamu terapkan yaitu dengan menumbuhkan sifat kemandirian sang anak. Melatih anak supaya bisa mandiri ini bisa dilakukan dengan cara memberi anak sebuah kepercayaan, kesempatan serta apresiasi. Contohnya dengan mengajari anak selalu merapikan mainan dan tempat tidurnya sendiri. Selain itu kamu perlu membiasakan anak untuk menyiapkan bekal makanannya sendiri sebelum berangkat sekolah.

Ketika anak sudah masuk usia remaja, orang tua juga perlu mendukung dan membantu anak untuk bisa menyelesaikan masalah pribadinya. Dengan cara melakukan diskusi serta mengarahkan pikiran anak untuk bisa mengambil keputusan dengan baik.

Orang tua perlu tahu bahwa belajar mandiri bagi anak merupakan suatu hal yang tidak mudah.maka dari itu tunjukkan apresiasi serta kasih sayang kamu di setiap usaha serta pencapaian sang anak. Contohnya dengan mengucapkan terima kasih atau sekedar memberi pujian saat anak berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Ilmu parenting Indonesia berikutnya yang perlu orang tua lakukan yaitu menentukan peraturan di rumah dengan memberi alasanya. Dengan memberi peraturan akan dapat membantu anak supaya belajar mengendalikan diri dan bisa membedakan perilaku yang baik atau buruk. Saat memberi peraturan tersebut sebaiknya juga jelaskan apa alasan peraturan tersebut dilakukan.

Contohnya ketika memakai listrik harus seperlunya saja agar bisa menghemat biaya, lalu tidak bermain gadget dengan berlebihan sebab hal tersebut tidak bagus bagi kesehatan. Dan tidak boleh menonton TV sebelum melakukan pekerjaan rumah selesai.

Kamu perlu konsisten ketika memberi peraturan tersebut. Bila kamu tidak konsisten anak akan merasa kebingungan lalu bisa saja meremehkan peraturan yang telah kamu buat tersebut.

Mendisiplinkan anak merupakan suatu hal yang penting namun tidak dengan cara yang keras, misalnya melontarkan kata kasar atau sampai memukulnya. Bila anak sering dipukul orang tuanya akan cenderung suka berkelahi ketika menyelesaikan masalah dengan temannya.