makan bersama
makan bersama

Tidak dipungkiri, jika sekarang ini cukup banyak keluarga yang tidak memiliki kebiasaan makan bersama dengan berbagai alasan. Berbagai kesibukan atau masing masing keluarga memiliki aktivitas masing masing kerap dijadikan sebagai penunda kegiatan ini. Padahal, jika keluarga mau menerapkan pola ini maka manfaatnya sangat besar sekali khususnya bagi si kecil. Karakter yang terbentuk dan dibawa hingga ia beranjak dewasa dimulai dari meja makan.

Untuk itu, cobalah memberi waktu untuk menghabiskan makanan bersama dengan keluarga entah itu di pagi hari, atau saat malam hari. Jika pun belum bisa, usahakan setidaknya seminggu sekali bersama dengan anggota keluarga lainnya menghabiskan waktu bersama.

makan bersama
makan bersama

(source:https://media.tabloidbintang.com/files/thumb/f0beed12f18be2b368c56cf1eef426ac.jpg/745)

Seperti yang dijelaskan pada awal artikel bahwa cukup banyak manfaat yang ditawarkan oleh kegiatan yang satu ini. Misalnya saja menjadi momen yang tepat untuk mengenalkan berbagai jenis makanan pada anak. Mereka juga akan belajar secara langsung dari pola makan orang tuanya sehingga dengan sangat nikmat mereka menyantap sayuran sekalipun. Atau, dengan acara ini juga orang tua mengetahui pola makan sehari hari.

Selanjutnya adalah si kecil akan belajar berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya. Di momen istimewa ini nantinya akan ada diskusi berbagai hal yang merupakan ajang bagi si kecil untuk bertanya, mendengar dan lainnya. Bahkan, bukan tidak mungkin ia akan belajar kosakata baru melalui orang tuanya.

 Manfaat lain dari makan bersama buat si kecil adalah meningkatkan rasa percaya diri. Mereka menjadi tidak takut lagi untuk berbicara dengan orang tua bahkan bisa memberikan pandangan terhadap keputusan yang diambil. Dengan diskusi sederhana ini nantinya akan membuat si kecil juga belajar tentang kata sopan terhadap yang lebih tua. Termasuk, mengajarkan etika dan keterampilannya di meja makan seperti membantu untuk menyiapkan makanan di atas meja dan lainnya.

Menurut para ahli, kebersamaan yang diciptakan di meja makan menjadi modal dasar bagi si kecil untuk memiliki karakter yang kuat. Kehangatan yang diciptakan serta momen kebersamaan ini akan semakin mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Jadi, yuk kita mulai sekarang juga.