Segmen kelas menengah merupakan pasar yang paling potensial di mata produsen Smartphone, baik yang berskala global maupun lokal.

Dikarenakan hal tersebut, banyak fitur yang tadinya hanya dikhususkan kepada ponsel premium atau kelas flagship, mulai disertakan pula ke dalam lini ponsel kelas menengah oleh para produsen smartphone.

Apa saja yang tergolong fitur premium tersebut? Banyak hal, mulai dari Dual Kamera, Kapasitas baterai yang besar, layar yang lebar dan tentunya dapur pacu yang mumpuni.

Nah, berikut ini adalah perbandingan antara 4 smartphone Android yang sudah dibekali dengan fitur-fitur premium tersebut.

Samsung Galaxy A dan J
Kita mulai terlebih dahulu dengan Samsung dan seri Galaxy A dan J mereka yang memang ditargetkan untuk kelas menengah.

Misalnya saja duet Samsung Galaxy A6 dan A6+ yang sudah disematkan dengan dual kamera yang berkemampuan mengambil gambar di cahaya minim, body metal elegan, dan sudah menggunakan infinity display, dan juga beberapa fitur premium lainnya.

Masing-masing memiliki spek kamera yang serupa yaitu 5MP di depan dan 16 MP di belakang, meskipun A6+ juga dilengkapi dengan fitur live focus untuk menghasilkan foto bokeh, serta sama-sama memiliki fingerprint scanner di bagian punggungnya.

Yang membedakan adalah pada ukuran layar A6+ yang berukuran 6 inci sementara A6 hanya 5,6 inci, kemudian RAM A6+ pun lebih besar yaitu 4 GB sementara A6 hanya 3 GB, begitu juga untuk urusan dapur pacu dimana A6+ menggunakan processor octa core 1,8 GHz dan A6 menggunakan octa core 1,6 GHz.

Untuk urusan memori internal, keduanya sama-sama memiliki kapasitas 32 GB meskipun untuk micro SD A6+ lebih unggul karena mampu mendukung micro SD hingga 400 GB sementara A6 hanya mampu mendukung hingga micro SD berukuran 256 GB.

Satu hal lagi yang berbeda adalah dari segi baterai dimana Samsung Galaxy A6+ menggunakan baterai berkapasitas 3500 mAH sementara Samsung Galaxy A6 menggunakan baterai dengan kapasitas 3000 mAH.

Xiaomi Redmi S2
Xiaomi yang selama ini juga dikenal sebagai ponsel murah dengan citarasa premium, tidak mau ketinggalan mengikuti tren yang dilakukan para pesaingnya, dan ini terbukti dengan diluncurkannya Xiaomi Redmi S2 baru-baru ini di Indonesia.

Redmi S2 dibekali dengan kamera depan 16MP yang sudah disematkan teknologi AI beauty dan pixel binning untuk semakin mempercantik hasil jepretan, yang berhasil membuat ponsel ini dinobatkan sebagai ponsel terbaik untuk kebutuhan selfie.

Pada kamera belakang pun tidak ketinggalan, Xiaomi membekali Redmi S2 dengan dual kamera 12MP+5MP yang memiliki f/2.2 apertura, mode potret AI, HDR, Panorama, peningkatan pengambilan gambar pada cahaya redup, dan juga fitur Face Recognition.

Untuk urusan dapur pacu, ponsel Xiaomi Redmi S2 ditenagai processor Qualcomm Snapdragon 625 octacore dan juga prosessor grafis Adreno 506. Ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB dan ruang penyimpanan 32 GB yang bisa di ekspansi menggunakan micro SD hingga 256 GB.

Menurut Steven Shi, Country Manager untuk Xiaomi Indonesia, dan juga Head of Xiaomi South Pacific Region, ͞Masyarakat Indonesia tidak hanya gemar selfie, tetapi selfie telah menjadi bagian dari gaya hidup mereka͟, yang kemudian dia tambahkan, ͞Melihat hal ini, Xiaomi ingin menggunakan seri S untuk menjangkau orang-orang muda yang menyukai self-expression dan mau berbagi serta terhubung dengan orang lain. Redmi S2 adalah smartphone selfie terlengkap di kelasnya yang mampu menghasilkan superstar selfie setiap saat,͟

Huawei Nova 2 Lite
Huawei juga tidak mau tertinggal oleh para pesaingnya, dan sekitar bulan April 2018 lalu meluncurkan seri ponsel Huawei Nova 2 Lite yang menonjolkan desain elegan, layar full view, dan memiliki dual kamera di bagian belakang 13MP+2MP dan kamera depan 8MP.

Ponsel ini memiliki layar besar 5,6 inci yang ditenagai oleh processor MSM8937 serta memiliki RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dan telah menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Fokus utama ponsel yang satu ini adalah pada kamera depannya yang dilengkapi dengan teknologi Selfie toning flash yang akan membantu kamu untuk mengambil foto selfie di cahaya yang redup, serta telah menggunakan fitur AR sehingga kamu bisa menggunakan stiker interaktif saat selfie layaknay menggunakan Snapchat.

Kamera depan Huawei Nova 2 Lite juga telah dilengkapi dengan fitur Face unlock dan Face recognition sehingga kamu bisa mengunci ponsel tersebut dan membukanya dengan cara menghadapkan wajah di layar ponsel.

Advan i6
Produsen ponsel lokal Advan pun tidak mau kalah dengan para kompetitor dari timur, dimana mereka meluncurkan Advan i6 yang hadir dengan tampilan full view display pada layar IPS berukuran 5,5 inci dengan rasio 18:9.

Beberapa fitur unggulan yang mereka tawarkan antara lain adalah baterai berkapasitas 3.300 mAH yang sanggup bertahan hingga 10 jam, kemudian juga dilengkapi dengan face scanner dan fingerpirnt, serta fitur keamanan yang menjadi unggulan mereka yaitu Advan Secure.

Meskipun hanya dibekali dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB, Advan i6 dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 6 MP, dan juga harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan para kompetitornya yaitu sekitar 1,3 jutaan.

Tentunya faktor harga serta baterai berkapasitas besar akan menjadikan Advan i6 sebagai kompetitor yang masih layak dibandingkan para pesaingnya.

Buat kamu yang sedang mencari hp android 4g dibawah 1 juta, baca artikel dari OhGitu berikut ini: 10 HP Android 4G Murah Terbaik: Di Bawah 1 Juta 2018.

Nah demikianlah 4 ponsel Android yang dibekali dengan fitur-fitur premium walaupun harga jualnya di bawah 2 jutaan. Kedepannya tentunya akan ada banyak produsen ponsel lain yang akan mencoba bermain di pasar menengah yang menjanjikan ini, dan tentunya kita sebagai konsumen akansemakin dimanjakan dengan semakin banyaknya pilihan.