teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sarana atau alat yang digunakan untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

Perkembangan TIK ini berawal dari penemuan-penemuan alat komunikasi dan alat penyampaian informasi yang semakin berkembang hingga saat ini. Alat komunikasi yang menjadi tahapan dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak zaman dahulu adalah sebagai berikut :

Telepon yang diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Telepon merupakan jaringan komunikasi yang menggunakan kabel. Jaringan telepon ini semakin berkembang dan menjadi alat komunikasi global pertama yang digunakan oleh manusia.

Terwujudnya sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM pertama yang ditemukan memasuki abad ke 20, tepatnya antara tahun 1910-1920  dan semakin berkembang pesat juga.

Transmisi audio-visual tanpa kabel, yaitu melalui siaran televisi yang ditemukan pada tahun 1940-an.

Komputer elektronik yang pertama kali beroperasi pada tahun 1943 yang diikuti oleh penemuan kompenen elektronik berupa transistor dan rangkaian terpadu pada tahun 1947 hingga tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika melalui penemuan rangkaian terpadu pada akhirnya menciptakan mikrooprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer yang terus berevolusi hingga saat ini.

Pada abad ke 21, perangkat telekomunikasi semakin berkembang pesat. Abad ini merupakan dimulainya teknologi digital yang menggantikan teknologi analog. Digitalisasi perangkat teakomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer, hingga terciptalah produk dari konvergensi ini yaitu telepon seluler.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa ke masa telah menciptakan mesin-mesin yang mengganti atau meningkatkan kemampuan otak manusia dan mempunyai manfa’at yang sangat besar dalam kehidupan manusia terutama dalam melakukan komunikasi dan menyampaikan informasi.

Pengolahan informasi dan penyebarannya melalui jaringan telekomunikasi juga dapat membuka banyak peluang untuk di manfa’atkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk oleh masyarakat di Indonesia. Misalnya di bidang pendidikan yang saat ini banyak melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat di fasilitasi oleh TIK, seperti e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library dan sebagainya. Hal ini merupakan wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *