faktor-faktor-yang-menjadikan-teknologi-komputer-lebih-canggih

Komponen Database dan Fungsinya

Database atau Basis data merupakan media penyimpanan elektronik yang berisi kumpulan dari informasi atau data secara sistematik sehingga dapat di akses atau data tersebut dibutuhkan. Sederhana saja, database dapat di artikan dengan sekumpulan tabel yang berisi informasi di disimpan di dalam komputer.

Istilah dari database saat ini sudah tidak lagi kata yang asing bagi institusi manapun, terutama dari instansi yang memang membutuhkan pencatatan, pengolahan dan menggunakan informasi dalam jumlah yang besar.

Fungsi dari database elektronik telah menggantikan cara penyimpanan yang manual dengan membutuhkan ruang besar seperti perpustakaan, lemari arsip, rak dokumen dan masih banyak lagi contohnya. Database dapat berperan sangat penting dalam pengolahan data karena memiliki alasan-alasan seperti :

Sebagai salah satu penyedia informasi, database menjadi komponen yang utama dalam arus sistem informasi.

Memelihara kualitas dari infromasi dan dapat menyajikannya dengan cepat, akurasi, dan tetep relevan melalui update informasi.

Data yang akan disimpan dalam sebuah database akan terlebih dahulu didefinisikan secara spesifik berupa tipe data, struktur data, dan batasan data. Menyimpan data atau sebuah informasi ke database berarti kita dapat mengorganisasi data, menghindari duplikasi, melakukan update data yang rumit, dan menghubungkan antara data.

Ada beberapa komponen yang terdapat dalam sistem database diantaranya:

Hardware
Hardware atau perangkat keras yang dimaksud di sini adalah perangkat komputer standar sebagai pendukung operasi pengolahan data yang terdiri dari CPU, disk, terminal, memori, dan lain-lain.

Komputer Digital
Contoh komputer digital adalah komputer PC yang sering digunakan oleh kita sehari-hari, seperti kalkulator, atau timbangan berat badan digital. Komputer ini bekerja lebih baik dibandingkan dengan komputer analog.

Komputer Analog
Komputer dengan jenis ini tidak memerlukan bahasa berupa perantara. Bekerja secara kontinyu dan pararel untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka atau besaran fisik seperti ukuran gelombang suara, temperatur dan tekanan udara.

Itulah beberapa komponen database yang sering kita gunakan sehari-hari ini. Penggunaan database pada kesimpulan nya adalah sebagai media penyimpan elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *